Cara Membuat Website E-Learning Edu20

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang “Cara membuat website E-learning dengan Edu20 untuk pembelajaran”.
Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah membuat website e-learning edu20 untuk pembelajaran :

a.Harus memiliki email terlebih dahulu. Jika belum memiliki email, maka silahkan membuat email terlebih dahulu bisa menggunakan yahoo, gmail dan lain-lain. Misalnya emailnya adalah soft_skillyahuud@yahoo.com.

b.Kunjungi web edu20 di http://www.edu20.org dan sign up untuk mendaftar.

1

c.Setelah mengklik sign up untuk mendaftar maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Selanjutnya silahkan isi data anda pada formulir sign up secara lengkap dan klik sign up.

2

1)Organization : pilih tipe organisasinya dengan public school for children.
2)Name : isikan nama anda.
3)URL : isikan alamat URL web e-learning yang anda inginkan. Misalnya : http://coba-belajar.edu20.org/
4)State/Province : isikan nama provinsi tempat tinggal anda, misalnya provinsi DKI Jakarta. Sedangkan Country : isikan negara asal anda, misalnya Indonesia.
5)First name : isikan nama depan anda. Sedangkan Last name : isikan nama belakang anda.
6)Email : isikan alamat email anda. Sedangkan Confirm email : isikan kembali alamat email anda tadi.
7)User id : isikan nama user id yang anda inginkan.
8)Password : isikan password yang anda untuk nanti digunakan membuka alamat web e-learning anda. Sedangkan Confirm password : isikan kembali password anda tadi.
9)Security code : isikan kode angka sesuai dengan yang tertera di kanan isian. Hal ini untuk mencegah tindakan spam.

d.Setelah anda menyelesaikan pengisian form sign up dan mengklik sign up maka sebenarnya anda telah berhasil membuat web e-learning, namun masih kosong atau belum terisi sehingga langkah selanjutnya adalah membuat kelas pembelajaran online. (Muncul halaman web e-learning yang tadi anda buat dengan alamat web misalnya: http://coba-belajar.edu20.org//home_news, terdapat ucapan selamat datang/welcome). Lalu klik Continue untuk memulai membuat kelas pembelajaran online.

3

Selanjutnya untuk Cara membuat kelas pembelajaran online dengan edu20 apat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

a.Untuk membuat kelas pembelajaran dengan cara memilih kelas-kelas, lalu klik tambah.

4

b.Selanjutnya akan muncul tampilan “add class” seperti pada gambar di bawah ini. Isikan data-datanya secara lengkap dan benar, lalu klik Save.

5

1)Name : isikan nama kelas yang akan anda buat. Misalnya kelas pembelajaran matematika online.
2)Kode akses dicentang, dan Style : pilih instructor.
3)Start : pilih/ubah waktu kapan dimulainya kelas yang anda buat tadi. Sedangkan Finish : pilih/ubah waktu kapan kelas yang anda buat tadi berakhir/selesai.
4)Time zona : zona waktu pilih (GMT+07:00) Jakarta / Bangkok untuk Indonesia.
5)Subject : isikan mata pelajaran yang akan anda ajarkan. Misalnya Geologi.
6)Grade : isikan kelas yang anda ajar. Misal pak Sukani mengajar matematika di SMA kelas 12, maka pilihkan grade “12” atau kelas 12.
7)Language : pilih bahasa Indonesia.
8)Course, Section, Semeseter dan Credits dapat diisi sesuai keinginan.

c.Setelah menyelesaikan isian “add class” secara lengkap dan mengklik save pada tahapan sebelumnya maka kelas pembelajaran online telah selesai dibuat dan langkah selanjutnya adalah memulai pengelolaan kelas seperti lesson, assignments, sumber daya, guru-guru, murid-murid, forum, analytics dan lain-lain (Getting started).
Selanjutnya untuk cara Getting started pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 :
Getting started merancang pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 ini meliputi configure class, add sylabus, set schedule, add resources, add lessons, create assignments, enroll students dan lain-lain (Getting started). Klik Continue untuk memulai pengelolaan kelas.

6

Setelah anda mengklik “continue” pada Getting Started maka pengelolaan kelas pembelajaran online di edu20 siap untuk dilakukan. Akan muncul menu-menu pada kelas pembelajaran online tersebut. Adapun macam-macam menu pilihan pada kelas pembelajaran online tersebut adalah sebagai berikut :

7

Cara Merancang Add Lesson pada kelas pembelajaran online di edu20 :

Merancang add lesson dapat dilakukan dengan menambahkan materi pelajaran sesuai dengan standar kompetensi atau kompetensi dasar. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1)Masuk pada kelas pembelajaran Geologi, lalu klik lessons dan add lessons. Selanjutnya klik New maka muncul Add lesson untuk menambahkan materi pelajaran yang baru. Isikan title dengan judul pelajaran, description dengan gambaran tentang pelajaran yang akan diajarkan dan date dengan tanggal pelaksanaan pelajaran tersebut akan dilaksanakan, namun jika tidak perlu maka dikosongkan saja. Lalu klik Save.

8

2)Add lesson berhasil selanjutnya masuk pada pembelajaran Geologi (sebagai contoh), buat sections pembelajaran dengan mengklik Halaman dan Assignment untuk penilaian.

9

3)Klik Halaman, lalu tambahkan modul dan video tentang materi pelajaran logika matematika dengan mengisi Add page dan klik Save. Untuk menambahkan modul/materi dapat menggunakan teks, gambar, video maupun script.

a. Untuk insert materi berupa teks pengoperasiannya sama dengan Microsoft word.

10

b. Untuk insert materi gambar, klik edit lalu klik icon image/gambar.

11

c. Untuk insert materi berupa video, klik sources lalu masukkan embed link videonya.
d. Untuk insert materi berbentuk script, klik sources format HTML, masukkan script dan save.

12

Demikianlah sharing saya tentang “Cara membuat website E-learning dengan Edu20 untuk pembelajaran” . Mudah-mudahan dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan sobat blog semua. Saya menyadari bahwa dalam tulisan saya ini banyak kekurangannya dan jika ada yang kurang berkenan di hati pembaca saya mohon maaf. Tiada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.

Semoga bermanfaat.

 

Link Web E-learning :

http://coba-belajar.edu20.org/

 

 

Nama Kelompok :

Aswendy (51412230)
Hani Delismietin (53412287)
Indra Dwi Adhawicahya (53412691)
Raka Adya Putera (58412177)

 

 

 

Referensi : http://guraru.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s