3D Modelling

Tutorial Membuat Cangkir Pada 3Ds Max

Pada kali ini saya dan kelompok saya ingin menjelaskan sedikit tutorial bagaimana cara membuat model 3D cangkir pada software 3Ds Max untuk memenuhi tugas Desain Pemodelan Grafik. Sebelum masuk kedalam step by step cara membuat cangkir pada 3Ds Max saya ingin menjelaskan sedikit tentang software 3Ds Max yang saya gunakan.

3DS Max merupakan program untuk modeling, rendering, dan animasi yang memungkinkan untuk mempresentasikan desain, seperti desain interior, arsitektur, dan iklan, secara realistik dan atraktif. Kelengkapan fitur, sistem parametrik pada objek, serta sistem keyframer pada animasi, telah menempatkan 3DS Max menjadi program animasi yang mudah dan populer dibandingkan program aplikasi sejenis.

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic.

Baiklah segitu saja sediki profil pengenalan mengenai software 3Ds Max, mari kita lanjut ke pembahasan yang sebenernya yakni tutorial membuat cangkir pada 3Ds Max. Tak usah berlama – lama lagi silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Step by step nya :

Pertama buka 3Ds Max setelah terbuka maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Kemudian tekan tombol “Maximize Viewport Toggle” kemudian tekan tombol “F” pada keybord untuk merubah tampilan tampak depan.

3DsMax1

Selanjutnya tampilan setelah menekan tombol “Maximize Viewport Toggle” pada gambar diatas seperti pada gambar dibawah ini.

3DsMax2

Tampilan setelah menekan tombol “F” pada keyboard dan menjadi tampak depan.

3DsMax3

Kemudian membuat garis dengan cara dibawah ini :
Pilih Create – Shapes  –  Line

3DsMax4
Kemudian Pilih Snaps Toggle agar pada saaat membuat garis rata dan sesuai keinginan. Selanjutnya buat garis seperti pada gambar dibawah ini.

3DsMax5

Karena terlalu banyak screenshot yang saya ambil dan keterbatasan waktu maka untuk tutorial lebih lanjut dan lebih jelasnya dapat diunduh pada link dibawah ini :

http://goo.gl/U1i5V0

dan hasil akhir dari rendernya akan tampak seperti dibawah ini.

Hasil Render

Ohh ia hampir saja ada yang lupa saya disini menggunakan software 3Ds Max 2015.

Sekian tutorial yang dapat saya bagikan bersama kelompok saya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi yang membaca. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya :)  dan jangan lupa komen serta kritiknya agar saya dapat berkaya lebih baik lagi.🙂

Desain Pemodelan Grafik

Nama Anggota Kelompok :

Aswendy (51412230)

Emilio Fitahera Sutan (52412486)

Indra Dwi Adhawicahya (53412691)

RIizky Herpuwadi (56412608)

3IA13

Tinggalkan Balasan

