Dampak Cyber Bullying Terhadap Perkembangan Anak

Dewasa ini semakin banyak bermunculan teknologi dalam bidang teknologi khususnya dalam bidang telekomunikasi. Memang sangat membantu dalam bidang penyampaian informasi dan mempermudah untuk melakakun sesuatu hal,namun dalam pemanfaatan teknologi informasi hal ini menjadikan teknologi bak pisau bermata dua . Di satu sisi banyak keuntungan yang didapatkan dan manfaat yang didapat, semisal Teknologi Informasi dapat mempermudah manusia dalam melakukan tugas kehidupannya serta meningkatkan kualitas hidup. Namun di sisi lain tidak sedikit kerugian yang didapat dalam segi negatifitasnya yang memanfaatkan Teknologi Informasi. Salah satu dampak negatif yang timbul akibat adanya Teknologi Informasi yakni munculnya fenomena Cyberbullying di kalangan anak – anak dan juga remaja. Cyberbullying atau kekerasan dalam dunia maya ternyata lebih menyakitkan dari kekerasan secara fisik. “Korban dari cyberbullying sering kali mengalalmi depresi yang sulit untuk dihilangkan, merasa terisolasi, diperlakukan tidak manusiawi, dan tak berdaya ketika diserang”. Dampak dari cyberbullying untuk para korban tidak berhenti sampai pada tahap depresi saja, melainkan sudah sampai pada tindakan yang lebih ekstrim yakni bunuh diri.

Ditinjau dari sudut pandang psikologi pada berbagai aspek perkembangan anak dampak dari cyberbullying dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, diantaranya :

  1. Perkembangan fisik.
  2. Perkembangan sosial dan emosi.
  3. Perkembangan inteligensi.
  4. Perkembangan moral.

Jika kita telisik dampak yang diakibatkan dari cyberbullying sangat menganggu tumbuh kembang anak. Anak yang mengalami cyberbullying cenderung perkembangan fisiknya akan mengalami perubahan yang diakibatkan depresi dan juga mengalami gejolak emosi yang cukup tinggi akibatnya akan mengalami perlakuan sosial yang tidak diharapkan.Dan juga cyberbullying dapat mempengaruhi intelegensi akibat tekanan – tekanan yang didapat dan sulit untuk berkonsentrasi karena terlalu memimikirkan masalah yang diakibatkan cyberbullying.Dari segi perkembangan moral yang akan sangat terlihat bahwa seorang anak yang mengalami cyberbullying moralnya akan runtuh dan juga dapat melakukan tindakan balas dendam dikemudian hari.

Namun jika kita melihat dari sudut pandang yang lain maka anak yang mengalami cyberbullying ini mereka dapat menjadikan itu sebagai pelecut untuk mereka membalasnya dalam arti balas dengan suatu karya yang dapat diapresiasi oleh banyak orang dan juga membanggakan.

Referensi :

http://jurnal.mti.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/download/321/189

http://eprints.uns.ac.id/11462/1/Publikasi_Jurnal_(16).pdf

http://sap.gunadarma.ac.id/

http://baak.gunadarma.ac.id/

http://v-class.gunadarma.ac.id/

http://softskill.gunadarma.ac.id/

http://staffsite.gunadarma.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s