Pengertian & Fungsi Bisnis Dalam Perkembangan dunia IT

 Aswendy

Abstrak

Pengertian dan Fungsi Bisnis
Tugas. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Industri. Universitas
Gunadarma. 2015.
Kata Kunci : Bisnis, Fungsi, Pengertian

Semakin berkembangnya jaman bisnis menjadi semakin populer apalagi pada dunia IT. Perkembangan Teknologi informasi yang semakin maju mendorong penggunaan komputer pada semua aspek kehidupan tanpa terkecuali bidang bisnis. Hal ini dapat dilihat pada penerapan bisnis e-comerce yang semakin banyak, melalui sistem e-comerce untuk membantu masyarakat dalam memudahkan untuk membeli dan berbelanja tanpa harus datang ke toko.Dalam penulisan kali ini penulis tertarik untuk mencoba menjelaskan pengertian dan fungsi dari bisnis.

Pendahuluan

Bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit (keuntungan) dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.

Fungsi Bisnis

Adapun fungsi dari Bisnis diantaranya adalah :

1.Acquiring Raw Materials (memperoleh bahan baku).

Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk membuatnya.

2.Manufacturing Raw Materials into products.

Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.

3.Distributing Products to Consumers.

Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.

Pembahasan

Dalam tahap pembahasan ini penulis akan membahas lebih dalam mengenai pengertian dan fungsi bisnis dalam seagala aspek. Pembahasan dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahapan kajian teori, usulan dan tahapan hasil evaluasi.

Pada tahapan kajian teori akan menjelaskan tentang teori yang digunakan dalam bisnis pada tahapan usulan akan menjelaskan pandangan serta usul dari penulis mengenai bisnis. Sedangkan pada tahapan hasil evaluasi akan dijelaskan tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai.

Kajian Teori

Pengertian Bisnis

Menurut Kasmir dan Jakfar (2012,p7), bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya adalah keuntungan. Menurut Raymond E Glos yang dikutip oleh Umar (2005,p3) dalam bukunya yang berjudul “Business : its nature and environment : An Introduction” yang dikutip oleh Umar, bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orangorang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Menurut Grififin dan Ebert (2007,p4), bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.

Dari pengertian diatas, dapat penulis menyimpulkan bisnis adalah kegiatan sebuah organisasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menciptakan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis

Berdasarkan Madura (2007,p2) Pemegang kepentingan (Stakeholders), orang –orang yang mempunyai kepentingan dalam bisnis adalah :

  • Pemilik
  1. a) Wiraswasta (entrepreneur) adalah orang yang mengorganisasi, mengelola, dan mengasumsi resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis.
  2. b) Pemegang saham (shareholder / stockholder). Saham adalah sertifikat kepemilikan suatu perusahaan, Pemegang saham adalah seseorang yang secara sah memiliki satu atau lebih saham pada perusahaan.
  • Karyawan
  1. a) Karyawan perusahaan diangkat untuk menyalurkan operasi perusahaan.
  2. b) Manajer adalah karyawan yang mempunyai tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan.
  • Kreditor

Institusi keuangan atau individu yang memberikan pinjaman.

  • Pemasok

Penyedia bahan baku dan mengantarkannya tepat waktu.

  • Pelanggan

Pihak yang menerima produk atau jasa dengan nilai / harga tertentu.

Fungsi Utama Bisnis

Berdasarkan Madura (2007,p12) Jenis – jenis utama dari keputusan yang terlibat dalam menjalankan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai keputusan:

  • Manajemen (management)

Cara bagaimana karyawan dan sumber daya lainnya (seperti mesin) digunakan oleh perusahaan.

  • Pemasaran (marketing)

Cara bagaimana produk (atau jasa) dikembangkan, ditetapkan harganya, didistribusikan dan dipromosikan ke pelanggan.

  • Keuangan (finance)

Cara bagaimana perusahaan memperoleh dan menggunakan dana operasi bisnisnya.

  • Akuntansi (accounting)

Ikhtisar dan analisis atas kondisi keuangan perusahaan dan digunakan untuk membuat beragam keputusan bisnis.

  • Sistem informasi (information system)

Meliputi teknologi informasi, orang, dan prosedur yang menyediakan informasi yang sesuai sehingga karyawan perusahaan dapat membuat keputusan bisnis.

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi :

  1. Fungsi Mikro Bisnis

Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung

o Pekerja/ Karyawan

Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.

o Dewan Komisaris

Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.

o Pemegang Saham

Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.

  1. Fungsi Makro Bisnis

Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung

o Masyarakat sekitar perusahaan

Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.

o Bangsa dan Negara

Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

Elemen dan Sistem Bisnis

o Modal (capital)

Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis.

o Bahan-bahan (materials)

Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

o Sumber Daya Manusia (human resources)

Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.

o Ketrampilan Manajemen (management skill)

Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi mempunyai pengaruh yang cukup nyata, transaksi bisnis dicatat secara on-line, diolah dan pada saat yang hampir yang bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasi dapat dilihat, seperti yang biasa dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan transaksi pada ATM (automated teller machine). Selain itu, teknologi informasi juga dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Meningkatnya permintaan dari sektor bisnis akan sarana untuk mengontrol informasi, khususnya yang terkait dengan kegiatan produksi dan distribusi, menjadi pemacu utama pengembangan aplikasi dari telematika. Aplikasi-aplikasi ini didorong oleh kebutuhan di sektor bisnis, seperti management information systems, dan data bases.

Dalam dunia bisnis terdapat banyak perkembangan, contohnya :

  • Pada bidang pendidikan :
    1. Alat bantu belajar dan test
    2. Computer based instruction
    3. E-Learning
    4. Virtual class
  • Pada bidang penjualan
    1. Bar codes untuk harga
    2. Shipping
    3. E-commerce
  • Pada bidang Transportasi
  1. Mobil,dll
  2. Monitor air traffic
  3. Global Positioning System (GPS)
  • Pada bidang Kesehatan
  1. Monitor pasien
  2. Diagnosis Penyakit
  3. Smart Card pasien
  • Pada bidang Pemerintahan
  1. E-goverment
  2. Perpanjangan SIM online
  3. Proses Imigrasi

Usulan

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis dan pemanfaatan serta penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang semakin kompetitif dalam persaingan mencari konsumen. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut merupakan perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Dalam hal ini perkembangan bisnis di dunia IT semoga semakin marak dan bersaing dengan satu perusahaan dengan yang lainnya dan disisi pemerintah dapat mengembangkan dunia bisnis perkembangan IT ini dengan baik.

Hasil Evaluasi

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis TI diharapkan dapat berperan penting bagi kehidupan manusia saat ini. Dengan pengetian bisnis merupakan kegiatan menghasilkan barang dan atau jasa yang dilakukan seseorang atau badan usaha untuk mendapatkan keuntungan/laba secara komersial. Orang yang menjalankan bisnis inilah yang disebut wirausaha dalam penelitian ini. Sedang perusahaan merupakan wadah atau tempat untuk menjalankan bisnis. Perusahaan di sini dibedakan menurut modal awal, aset yang dimiliki, jumlah pemasok dan jumlah pekerja.

Para pebisnis tidak perlu mencari tempat untuk melakukan bisnis, berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak perlu membayar karyawan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses dalam dunia bisnis tidak perlu lagi berada di suatu tempat yang diharuskan.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari berbisnis lewat internet adalah penghematan biaya mencapai 35%, pelayanan konsumen mencapai 32%, peningkatkan penghasilan mencapai 18%, pemasaran mencapai 13%, dan lain-lain mencapai 2%. Sedangkan keunggulan strategi bisnis dalam memenangkan kompetisi yang dapat diperoleh adalah komunikasi global dalam bisnis menjadi benar-benar hidup, lebih cepat, murah, dan mudah; komunikasi interaktif sebagai sarana untuk menunjukkan perhatian perusahaan kepada konsumennya, menyediakan informasi dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen,dapat mengintegrasikan aktivitas di luar dan proses bisnis di dalam perusahaan secara on-line.

Penutup

Perkembangan bisnis dalam dunia TI telah banyak dimanfaatkan oleh sebagian manusia yang dapat melihat peluang bisnis dari teknologi tersebut. Pengaruh dan peranan teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online berkembang. Karena dengan teknologi ini, kita dapat mengembangkan bisnis seperti halnya, e-commerce, e-goverment, smart card, dan lain sebagainya sehingga dapat melakukan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Bisnis dalam TI dapat mempermudah pebisnis dan juga pelanggan dalam melakukan penawaran dan transaksi jual beli.

Referensi

[1] Imung. 2010.Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK.

http://mungkee.wordpress.com/2010/10/01/jenis-dan-tipe-bisnis-di-bidang-tik/

diakses pada : 15 10 2015

[2] Purpl3.2008.Komunikasi bisnis dalam prakteknya.

https://purpl3.wordpress.com/

diakses pada : 15 10 2015

[3] Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis.

http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/download/15666/15658

diakses pada : 15 10 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s