Analisa Website Komputansi Modern

Analisa Website Komputansi Modern “Tiket.com”

Pada tugas softskill kali ini saya akan membahas tentang penerapan komputasi modern pada website. Disini saya akan mengomentari salah satu website, yaitu: http://www.tiket.com. Website ini menyediakan layanan pemesanan tiket secara online, tiket yang bisa dipesan yaitu : tiket pesawat, tiket kereta, tiket konser, booking hotel, dan sewa mobil.

Gambar dibawah ini adalah tampilan home dari website tiket.com, disini kita dapatlangsung  memilih tiket apa yang akan dipesan. Untuk tiket pesawat dan kereta customer bisa memilih tiket sekali jalan atau pulang-pergi. Kemudian customer bisa memilih tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah tiket(disini dibedakan menjadi dewasa,anak-anak, dan bayi).

1

Setelah mengisi data klik cari pesawat, disini customer akan mendapatkan rekomendasi pesawat atau kereta pada bagian atas atau bisa mencari tiket dengan harga yang lebih murah pada bagian bawah.

2

Untuk booking hotel juga sama pertama-tama customer bisa memilih lokasi hotel, check in-check out, kamar, dan untuk berapa orang.

3

Kemudian customer bisa mencari hotel yang diinginkan. Customer bisa memfilter pencarian dengan mencheck list pada bagian kiri, disini terdapat pilihan hotel berbintang, fasilitas, lokasi, dan tarif per malam.

4

Untuk melakukan pemesanan customer harus melakukan login dan mengisi data diri agar bisa dihubungi.

5

Pada web ini juga tersedia riwayat pencarian yang pernah kita cari. Jadi dapat mempermudah untuk mencari apa yang pernah kita cari jika kita lupa tidak perlu mencari ulang.

6

Disini juga terdapat fitur livechat yang dapat digunakan untuk bertanya informasi apa yang ingin kita dapatkan.

7

Pada website tiket.com ini kita juga dapat mengganti mata uang sesuai dengan mata uang negara kita.

8

Disini juga terdapat menu pengecekan pesanan yang telah kita pesan. Cukup dengan cara memasukkan alamat email, order id, dan kode booking lalu cukup dengan klik pada “cari pesanan saya”.

9

Kita dapat juga mendapatkan promo dari tiket.com dengan cara mensubscribenya dengan memasukkan nama dan alamat email.

10

Terdapat juga fitur FAQ untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan/yang telah ada.11

Website tiket.com merupakan salah satu contoh website yang telah menerapkan komputasi modern. Jenis layanan pengguna online ini merupakan berjenis layanan pemesanan tiket, event atau jasa penyewaan mobil, yang bergerak di bidang travel. Website ini dapat dikatakan telah menerapkan komputasi modern karena menyediakan layanan pengguna online. Tujuan dari website tersebut sama dengan tujuan penerapan komputasi modern, yaitu mempermudah segala aktifitas manusia, dalam hal ini website ini ingin mempermudah aktifitas pelanggan dalam hal pemesanan tiket, booking hotel, serta jasa penyewaan mobil.

Setelah menganalisa seluruh konten dan fitur yang terdapat dalam website tiket.com, saya dapat mengambil kesimpulan apa saja kelebihan dan kekurangan dari website tersebut dari beberapa sudut pandang.

  1. Pelayanan Pelanggan

Layanan pelanggan dalam website tersebut menurut saya sudah cukup baik, membuat pelanggan mudah dalam proses pemesanan. Terdapat beberapa fitur yang ada pada website ini dapat dikatakan bagus seperti fitur berikut :

  • Metode pembayaran online payment, jika memilih ini pelanggan akan diberi beberapa pilihan, antara lain : Mandiri klikPay, Kartu kredit Visa/MasterCard, Debit mandiri online, e-pay BRI dan CIMB Clicks. Kartu kredit (BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya) dan Kartu debit (BCA dan lainnya).
  • Fitur pengecekan pesanan, dengan fitur ini pelanggan dapat mengecek status dari pemesanan yang sedang berjalan. Dengan menggunakan order id yang diberikan saat pemesanan, alamat email, dan kode booking. Pelanggan dapat mengetahui apakah pesanannya sudah sesuai, sudah dikonfirmasi.
  1. Keamanan Data Pelanggan

Keamanan dari website tersebut saya rasa cukup baik, karena data pelanggan disimpan dengan aman pada sistem, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir datanya akan hilang ataupun tertukar dengan pelanggan yang lainnya.

  1. Tampilan Website

Dari segi tampilan saya rasa website ini cukup baik, menarik dan mudah digunakan pelanggan. Terdapat fitur yang menarik dalam tampilan website ini, seperti :

  • Terdapat fitur untuk mengganti mata uang, bahasa yang digunakan, dan tix point.
  • Terdapat fitur promo pada bagian bawah

Kekurangan dalam website ini saya tidak menemukan adanya kekurangan namun ada beberapa fitur yang saya rasa kurang dimaksimalkan dalam website ini dan mempengaruhi kenyamanan pelanggan, antara lain :

  • Fitur live chat yang tidak bersifat realtime sehingga pelanggan harus menunggu terlebih dahulu lewat notifikasi yang terdapat pada email karena live chat tersebut mendirect ke email.
  • Fitur FAQ yang kurang menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan.

Demikian penjelasan mengenai kesimSpulan dan komentar pada website ini, saya membuatnya berdasarkan pendapat dan apa yang saya tahu.  Dengan demikian, adanya penerapan teknik komputasi modern pada website “tiket.com ” sangat membantu pelanggan sehingga dapat memesan tiket secara cepat dan efisien.

Sumber: tiket.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s