Tulisan Pribadi “Kiat-Kiat Mengendalikan Diri Ketika Emosi”

Dalam keadaan tertentu  terkadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri dimana banyak hal yang sangat membuat kita marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat  marah. Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alamiah, yaitu bisa berupa amarah, sedih, senang, benci, cinta, bosan, dan sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami. Berbicara soal emosi maka kita harus tahu kecerdasan emosi itu sendiri dimana merupakan kemampuan manusia untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain), mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres serta keadaan yang melanda kita.

Berbagai permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan ini banyak diakibatkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan diri. Tawuran antar pelajar, mengambil hak milik orang lain (mencuri, merampok, korupsi), vandalism,  penyalahgunaan obat terlarang dan free sex merupakan contoh perilaku yang timbul karena ketidakmampuan dalam mengendalikan diri (self control). Namun demikian beberapa kasus menunjukkan hal yang sebaliknya, dimana beberapa permasalahan tersebut juga dilakukan oleh orang yang sudah dewasa. Mahasiswa yang telah beranjak dewasa (bertambahnya usia dan ilmu) tentunya diharapkan oleh masyarakat mempunyai self control yang lebih tinggi dibanding anak-anak SMA. Tentunya akan aneh jika bertambahnya usia tidak diimbangi dengan kemampuan mengendalikan diri, bahkan berbuat sesuka hati dengan membiarkan perilaku yang lebih mementingkan egosime tanpa menghiraukan konsekuensi yang akan diperoleh.

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi emosi, ,misalnya seseorang memiliki cara untuk meredam emosi ketika sedah marah dan kesal. Begitupun dengan saya, saya memiliki beberapa cara untuk mengendalikan dan meredam emosi saya yang berlebihan ketika berhadapan dengan suatu hal yang mengakibatkan emosi saya tidak terkendali. Berikut adalah cara-cara saya untuk mengendalikan diri ketika sedang emosi :

  • Mengenali diri kita sendiri dan mengidentifikasi apa yang sesungguhnya saya rasakan. Bagi saya setiap kali suatu emosi tertentu muncul dalam pikiran saya, saya harus dapat menangkap pesan apa yang ingin disampaikan dan di rasakan apakah marah, senang, sedih atau hal lainnya.
  • Memahami dampak dari emosi yang timbul dari diri kita sendiri apakah itu berdampak negatif atau positif ? Bagi saya jika kita dapat memahami dampak dari emosi yang timbul itu maka dapat mengetahui apa yang akan terjadi dari emosi yang ada tersebut. Jadi emosi hanyalah awal dari respon manusia dalam sebuah peristiwa atau kejadian. Menurut saya kemampuan dalam mengendalikan dan mengelola emosi dapat membantu saya mencapai kesuksesan.
  • Bagi saya menenangkan diri dan membuang emosi negatif yang timbul dan berpikir secara jernih dapat lebih berdampak terhadap pelampiasan emosi negatif itu sendiri.
  • Berpikir dari sudut orang yang terkena dampak dari emosi dan ego karena dari situ saya dapat melihat mengapa orang itu bertindak seperti itu, tenangkan dan berpikirlah secara dingin untuk menangani hal yang dapat menyangkut emosi.
  • Berusaha mengetahui pesan yang disampaikan emosi, dan meyakini bahwa saya dapat berhasil menangani emosi ini sebelumnya dan dengan bergembira dapat mengambil tindakan untuk menanganinya.
  • Lakukan terus dan ingatlah kegagalan adalah pengalaman terbaik di mana saya bisa belajar untuk menutupi kekurangan yang ada dalam saya sendiri dan itu adalah kemampuan saya dalam mengelola emosi, karena diri sendirilah yang sesungguhnya mengendalikan emosi atau perasaan, bukan sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

